Langsung ke konten utama

Bread

Pengusung Sofl Rock
Bread merupakan salah band yang populer di akhir tahun 60–an dan awal 70-an. Band asal Los Angeles California ini dianggap sebagai band yang mempopulerkan aliran soft rock. Bread bermaterikan David Gates, Jimmy Griffin, Robb Royer, Mike Botts and Larry Knechtel.

Bread di bentuk tahun 1968 oleh tiga personel awal band ini yaitu, Gates, Griffin, dan Royer. Setelah mengikat kontrak dengan Elektra Records, tahun 1969 Bread merilis single perdana “Dismal Day” yang ternyata gagal total, begitu pula dengan album perdana mereka “Bread” di rilis setahun kemudian yang hanya mencapai posisi 127 di Billboard 200.

Bread baru medapat sorotan setelah album kedua mereka “On the Waters" di rilis tahun 1970, album ini sukses mencapai posisi 12 di Billboard 200. “On the Waters: juga membuahkan satu no.1 hits single di Billboard Hot 100 “Make It With You”. Singel ini juga tercatat sebagai satu-satunya No.1 Hits Bread. Singel lainnya yang juga hits dari album kedua ini yaitu “"It Don't Matter to Me" yang berhasil masuk top ten.
Sukses terus berlanjut, di tengah tur album kedua mereka tahun 1971, Bread mulai mengerjakan album ke tiga, “Manna”. Album yang behasil masuk posisi 21 ini menghasilkan hits yang hingga kini masih sering diputar di radio – radio, “If”.

Setelah album ke 3 ini basis Rob Royer keluar, namun ia tetap menulis lagu untuk Bread, posisinya di gantikan Larry Knechtel. Tahun 1972 Bread merilis album yang tercatat sebagai album tersukses mereka, “Baby I'm-a Want You”. Album ini berhasil mencapai posisi 3 Billboard 200. Judul album yang juga menjadi judul single pertama dari album ini juga sukses mencapai posisi 3 di Billboard Hot 100. Selain itu juga terdapat hits lainnya “"Everything I Own" dan "Diary" yang masuk top 20

Album ke enam Bread “Guitar Man” juga sukses mencapai posisi 11. Album ini cukup produktif dengan menghasilkan tiga top 15 hits, antara lain; "The Guitar Man", "Sweet Surrender", dan "Aubrey". "Guitar Man" dan "Sweet Surrender" juga menjadi no.1 di Billboard's adult contemporary chart. Dengan demikian di kategori ini tercatat 4 lagu Bread berhasil menjadi No.1. Selain dua lagu diatas dua lagu lainnya yaitu; “If”, dan "Baby I'm-a Want You".

Dibalik kesuksesan Bread, perpecahan mulai menerpa band ini. Ketengangan antara Gates dan Griffin makin memuncak. Penyebabnya, ke sebelas single Bread yang masuk chart antara tahun 1970 sampai tahun 1973 semuanya di tulis dan di nyanyikan Gates. Padahal Griffin menginginkan ia juga menyanyikan sebagian dari lagu-lagu itu. Namun dibalik perpecahan ini Bread meluncurkan album grathes mereka yang sukses menjadi runner up album di Billboard 200//

Puncak perpecahan terjadi di tahun 1974, saat itu keteganan makin memuncak dan bahkan ada ketidakpuasan akan lagu-lagu untuk album ke enam mereka. Akhirnya Bread memutuskan untuk vakum. Gates dan Griffin pun masing-masing memilih bersolo karir.

Tahun 1976 para personel Bread kembali bergabung, ini pun bukan atas keinginan personel Bread tapi, keinginan label mereka Electra Record untuk membuat Bread berikutnya. Hasilnya, tahun 1976 Bread merilis album “Lost Without Your Love”. Singel dengan judul yang sama berhasil masuk top 10. Singel lainnya dari album ini yang juga sukses yaitu “Hooked On You” .

Album ini juga menandari akhir perjalanan Bread ditahun 70-an tepatnya di tahun 1977. Mereka baru bisa berkumpul lagi ditahun 1994 dalam rangka reuni band ini. Tahun 2005, Griffin dan Boots meninggal dunia akibat penyakit kangker. Bread sediri resmi masuk Vocal Group Hall of Fame di tahun 2006.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAKIT CINTA ala STEREOVILLA

Stereovilla is Back............... Band Asal Yogya yang sempat menghebohkan blantika musik indonesia di akhir 2003 lalu itu kembali lagi. Tapi,apanya yang bikin heboh? Apalagi kalo bukan lewat musik dan penampilannya. Disaat banyak band tampil dengan musik pop standar,Stereovilla berani tampil beda.Band ini pun berani menggali warna 70-an,baik lewat notasi,sounds,bahkan lirik lagu yang sangat tidak biasa pada masa itu. Di Saat banyak band pop dandan seadanya,lima anak band ini pun tampil dengan dandanan yang begitu colorfull-mirip gaya psychedelic 70-an. Peri yang bijak ,single pertama stereovilla sempat jadi hit di berbagai radio. Disusul Pesta Pora yang sontak mencuri perhatian lantaran menghadirkan Sandy Aulia yang saat itu lagi berkibar lewat film , Eifel I'm In love- tarik suara di lagu ini. Dan setelah itu sekitar tahun 2005-Stereovilla seolah menghilang... Kemana Mereka ? Gak kemana mana.Para personel Stereovilla :Otom(bass),Igi(gitar),Widi (vokal),Joe(gitar),dan Ari(durm) t

List Of 83 Social Bookmarking Sites

Before we go to the list of social bookmarking sites, I prefer to give brief introduction of what social bookmarking is all about because I'm sure some of you might not familiar with this term. Skip the following part if you wish and take a look at the long list by clicking here . What is it? Social bookmarking is the practice of saving bookmarks to a public Web site and tagging them with keywords. To start a collection of social bookmarks , you need to register with a social bookmarking site, which lets you store bookmarks , add tags of your choice, and designate individual bookmarks as public or private. Some sites will, from time to time, verify whether the bookmarks still work,notifying users of a broken URL. Visitors to social bookmarking sites can search for resources by keyword, person, or popularity and see the public bookmarks , tags, and classification schemes that registered users have created and saved. So, it is particularly useful when collecting a set of

Andre Hehanusa

Penyanyi Yang Jadi Bos Perusahaan Rekaman Nama Andre Hehanusa sudah tidak asing lagi di dunia musik Indonesia. Pria berdarah Ambon yang lahir di Ujung Pandang, pada 24 Juli 1964 ini memang memiliki bakat musik alami sejak kecil. Artis bernama lengkap Andre Ronald Benito Hehanussa ini besar dan menetap lama di kota Bandung. Di kota kembang ini pulalah anak pertama dari 4 bersaudara ini memulai karirnya musiknya bersama Katara Singer di tahun 1987. Meski memiliki kans untuk menjadi group besar, Katara Singer hanya menelurkan satu album bertajuk “Ternyata” di tahun 1989 yang membuahkan hits antara lain ; “Masa Bodo”, “Ternyata” dan ”Desah”. Setalah Katara Singer vakum, Adre Hehanusa memutuskan untuk bersolo karir di tahun 1992. Keputusan bersolo karir ini ternyata tepat. Album perdana Andre “Bidadari” yang dirilis tahun 1995, meledak di pasaran. Album ini menghasilkan 3 hits “Bidadari”, “Kuta Bali” dan “Karena Kutahu Engkau Begitu”. Hingga kini, ketiga lagu tersebut masih mendapat airpla